DIARY LATSAR CPNS GOLONGAN II



 Ini sebuah cerita dimana sayang itu datang dengan perlahan tapi dan harus pergi terlalu cepat, ini cerita tentang rasa dimana harus berpisah saat sedang sayang sayangnya,ini cerita tentang prajab atau istilah kerennya latsar, Latsar CPNS Gol 2 Periode 1 Kemenkeu di YOGYAKARTA. Yah, yogyakarta sekali laagi yogyakarta,kota yang istimewa untuk memulai sesuatu.



Cerita ini berawal saat seminggu sebelum latsar dimulai kira kira tanggal 15 Januari 2018. Di akun sikka udah ada jatah diklat, tanggalnya? Dari 22 Jan 2018-22 Februari 2018. 1 bulan cuii. Mau jadi apa aku sebulan sama tentara? euuuheuuuheuu udah ga karuan laah pikiranku. Apalagi, belum ada 3 minggu aku OJT. Yap,baru 3 minggu OJT langsung ada panggilan prajab, konyol nih, aktualisasi mau kek apa, mau ambil apaa lagi. Padahal 3 minggu ini aku cuman pegawai diperbantukan,diperbantukan buat fotokopi, nglipat kertas, nyortir berkas, steples,destroyer kertas bekas,yaah diperbantukanlah. Yaudaah selanjutnya pasrah. Cari persyaratan kesana kemari.

Baru sadar jugaa,prajab gel 1 ini ga semua dari DJP,ada yg dari DJKN,beda instansi dan D3 semuaa,pastilah sebagai seorang D1 langsung punya rasa minder. Terus udah ada pembagian kelas lagi,isinya mau tau? Hampir setengah dari DJKN,otomatis hampir setngah dari D3. D1 mau jadi apaa?ku hanya remahan meses, coklat tapi manis,wkwkwk



Oke lanjutt

Langsung hari awal,tanggal 22 Januari, di salah satu hotel deket bandara, bintang berapa? ah gelap ga tau bintang berapa,ga keliatan. Kata emakku, dia pernah diklat disana, sana agak horor katanya,suruh banyak doaa baca baca,  doa lah,make me so wreid(ini ada ceritanya).  Kamu ga tanya bawaanku apa aja? aku bawa 1 koper baju, 1 tas isi baju yang udah tak masukkin plastik plastik. Soalnya, kata seniorku, kita abis dari hotel harus nginep 3-4 hari di paskhas, naah disono kita bakalan jadi bakwan kawi,kan ngeness denger ceritanya, tapi tenang, kita latsar sebulan full di hotel kok, ga ada pake pindah tempat tidur ga ada, ga ada malem malem disuruh ngumpul dilapangan, santaai boss, di paskhas juga lagi dipake samapta BC juga ko, aman pokoknya.

Aku dapet kamar 118, isinya bertiga,tpi belum ada yang nyampe,yaudah aku masuk duluan,dianter emak bapak sampe dalem kamar lagi,wkwkwk,kan aku masih daddys girl.

Ga lama,udah ada penampakan,heuu kan, embaa embaa baju putih tinggi lagi, eh bukan penampakan, itu bintan,calon roommateku,wkwkwk maafin tan, doi orang kebumen tapi ojt di Purwokerto,jadi ngapak harusnya tapi doi jaim dang a pernah pake ngapaknya. Satu lagi ko belum dateng yaa, padahal udah harus kumpul di aula jam 1 an,nah ini, orang dari perbatasan emang lamaa. Ini siswa ini, ester namanya,orang DJKN D3 pastinya,asal Kupang alias perbatasan. Tapi cantiqq loooh, kalo liat langsung terpikat kalian. HPnya idola bangeet pokonya :p



Jam 1 kumpul oke,kita brngkat bareng dan ternyata udah penuh aula,aku sama bintan pakke acara salah tempat duduk lagi,duduk di kelas b,pdahal kita kelas c,untung tanya orang,wkwk. Nah di kelas c tinggal baris depan sendirii,kezel ga sih,kzl kzzl. Nantinya baris depan sendiri itu bakalan jadi tempat duduk tetap selama beberapa hari -_-

Kita duduk bertiga,sebelahku ada mas mas gede,diem lagi orangnya,udah lasti dia D3, dan bener, waktu pada kenal kenalan eh si mas mas inj jaim banget,ga ngomong samsek sama kita kita,sombongg, dan namanya mas neo, (soon will change into daddy gong). Salutku itu buat mas mas DJKN yang langsung mengajukan diri jadi ketua loooh,kerenkan, Mas Fajar namanya. Terus para ketua disuruh maju kedepan,dan boom, sebagian besar dari DJKN cuii,mendominasikan. Aing yang dri DJP, D1 lagi diem ajaa,apalah dayaku. Oiya,kita waktu ngumpul ini dapet tas isii alat tulis sama topi,mayan lah.



Aku lupa abis itu ngapain, seingetku latian pembukaan apaa apa ya,lupa. Pokoknya ingetnya ada arahan kalo tiap pagi harus sholat bareng bangun jam 4. Tapi hari itu belom pembukaan,pembukaannya hari selanjutnya. Nah abis pembukaan ada materi materi di aula lah,ngebosenin pokoknya, duduk depan lagi,kalo ngobrol cuman sama bintan sama mba ester,sesekali sama belakang, mas mas sebelahku?sumpaah jaimnya setengah mati.



Seminggu pertama ini dikhususkan buat disiplin mental dan fisik,jadi subuh jam 4, abis itu ada olahraga lagi,senam,tapi kalo awal awal aku lupa lupa inget langsung ada senam apa ngaa. Senamnya asik ko. Awalnya sama pelatih Soni senamnya, tapi waktu akhir akhir, senamnya berasa, kayak ada asin asinnya. Soalnya gerakkan ga jelas banget, ini nih, dari pelatih Doni. Suka sukanya modif gerakan senam, emang mobil apa yang biasa di modif-_-

Jadi minggu pertama  tiap hari ada pemateri di aula,terus gantian dapet jadwal di luar alias dilapangan,ngapain?maen sama pelatih pokoknya,wkwkwkwk. Oiyaa,bajunya suruh baju olahraga, pdahal cewek kebanyakan bawa kaos panjang 2 kalo ga 3,soalnya katanya mau dapet 2 kaos dari bdk,tapiiiiiiiiii........belom jadi kaosnya,alhasil pake kaos sendiri,dan bosen ga sih menurutmu,itu itu aja terooooss sampe seminggu sebelum bubar baru dapet kaosnyaa -___- (udah nikmatin aja)

Minggu 1 pertama sih kesanku masih b aja, anak sekelas belom pada kenal kenal,masih pada jaim jaiman, jadi b aja.



Nah,masuk minggu 2, kita mulai kelas,pelajaran dikelas, jadi kelas c dapet kelas lantai 3 gedung sebelah,kan asik tiap hari naek turun tangga 3 lantaai,superr sekaleeee.

Pelajaran pertama apa yaa,aku lupa,Etika Publik kalo ga salah, deketku itu mas mas D3 dri pajak,OJT di KPP Semarang, tapi orang Godean, wkwk. Mas nya juga gedhee,teruss dieem, kesan pertamaku emang orangnya dieem,namany Mas Danar, soon it called uncle gong.  Jadi tiap mapel itu diajar oleh 1 dosen,selama 2 hari kita dapet plajaran itu,selama itu dosennya tetep itu,ga usah dipikirin bosen apa nga,tapi nikmatin. Sekelas itu kita dibagi berkelompok kelompok. Terus tiap kelompok nampilin yel yel terbaeq, juga harus aktif,karena kejar kejaran nilai sma kelompok laen, tips nih, ngomong aja semua walaupun ga penting, yg penting dpet poin,malu?ga usah dipikirin. Nah disini otomatis yang sering ngomong mas mas D3nya,apalah dayaku D1. Awal awalnya pasti GA PERNAH MENANG. Semua point dieembat yang bisa ngomong, kayak mas charis,mas igor,mas fajar (ini super skalii), mas neo (keseringan menang), mas ahmad (ini orang kocak tapi pinter,sumpah), mas danar(diem,sekali ngomong lngsung kayak dosen,semua kelas kaget), heri(ambishnya kebangetan, tidur cuman 3 jam sehari), adit( perayu wanitaa), wisnu(mantan komandan nih). kasian ngaa sih kita kitaaa yang lucu lucuu jadi mangsa empuk. Eh iya,pastiin di kelompokmu ada orang yang suka searching info info,suka IT, itu guna banngeet,karna dia pasti bahas topik terhangat alias cari masalah buat didiskusiin.

Inti pelajaran itu paling dosen kasih materi,tapi ga berat berat amat kok,tentang ANEKA,apa kepanjangannya? Kalian tau sendirilaah. Terus kerkom itu haruss nyatu sama tim, di kerkom kita presentasi, nyanyi,nggambar,mewarnai,tepuk tepuk (udah macam anak TK aja), joget joget, senam maumere jugaa,wkwkakas. Teknik buat ngisi pelajarannya bagus kok, bikin kita susah move on diakhirnyaa :((

Pengen tau tentang modulnya gimana? system pesiarnya kek apa? Adakah ornag ambish dikelas?
langsung baca part  2 gengs 
http://kuni-kanuri.blogspot.co.id/2018/02/yak-langsung-aja-buat-yang-penasaran.html

Comments

Popular posts from this blog

PKL Lyfe KPP Kotamobagu

Rumah

Menata Hidup