Mari Jadi Dewasa



Aku baru tersadar tentang apa itu menjadi dewasa, umur tentu bukan menjadi tolok ukur,tentu bukan. Dewasa itu soal dua kata yang saling berkaitan, dewasa itu tentang mengalah dan mengerti. 

Selama ini aku hidup hanya mementingkan egoku,entah dalam keadaan sadar maupun tidak, aku berkukuh untuk mengapai semua ambisiku,bukankah itu ego? Aku belum dewasa, memang,tapi aku masih berproses untuk menjadi dewasa, dewasa itu tentang proses kita mau mengerti keadaan sekitar sehingga kita mau mengalah, menyingkirkan ego. 


Entahlah,aku belum bisa berkata kata muluk muluk mengenai ego, tapi aku bisa merasakannya. Mengalah bukan hanya mengalah dengan orang yang lebih muda untuk secuil barang,entah itu penting apa tidak penting, Mengalah itu bukan hanya mengalah tentang sesuatu yang kita sukai direbut orang lain tapi setelahnya kita malah kebanyakan mengomel,memaki orang itu,bukan begitu cara mengalah. 

Mengalah itu menerima,hanya menerima dengan ikhlas, menerima dengan hati yang terbuka tanpa ada kejengkelan, setelah menerima lalu ikhlaskan lupakan, kerjakan hal lain,pikirkan hal lain,jangan pernah mengungkit ungkit lagi.(18 April 2018)


Comments

Popular posts from this blog

PKL Lyfe KPP Kotamobagu

Rumah

Menata Hidup